Sekolah                             : SMP / MTs  
Mata Pelajaran                  : Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
Materi Pokok                    : Keberagaman dalam Kehidupan Berbangsa dan Benegara
Kelas / Semester                : VIII / II
Alokasi Waktu                   : 2 x 40 menit ( 4 x pertemuan)


A.  Kompetensi Inti :  
KI-3  : Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural)berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
KI-4  : Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori
KI-1  :   Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
KI-2  : Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.


  1. Kompetensi Dasar dan Indikator
Kompetensi Dasar Indikator
3.8 Memahami keberagaman dalam perbedaan suku, agama, ras, budaya dan gender berdasarkan prinsip saling menghormati dan menghargai dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.(R) 3.8.1        Menjelaskan pengertian keberagaman. 3.8.2        Mendeskripsikan makna keberagaman dalam kehidupan berbangsa dan bernegara .
3.8.3        Mengidentifkasi keberagaman suku berdasarkan prinsip saling menghormati dan menghargai dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

3.8.4        Mengidentifkasi keberagaman agama berdasarkan prinsip saling menghormati dan menghargai dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.
3.8.5        Mengidentifkasi keberagaman ras berdasarkan prinsip saling menghormati dan menghargai dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.
3.8.6        Mengidentifkasi keberagaman budaya berdasarkan prinsip saling menghormati dan menghargai dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.
3.8.7        Mengidentifkasi keberagaman gender berdasarkan prinsip saling menghormati dan menghargai dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.
3.8.8        Menunjukkan perbedaan suku, agama, ras, budaya dan gender berdasarkan prinsip saling menghormati dan menghargai dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.
4.8   Menyaji hasil telaah tentang keberagama suku, agama, ras, budaya dan gender berdasarkan prinsip saling menghormati dan menghargai dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.(R)
4.8.1        Menyaji hasil telaah tentang pengertian keberagaman berdasarkan prinsip saling menghormati dan menghargai dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. 4.8.2        Menyaji hasil telaah tentang makna keberagaman dalam kehidupan berbangsa dan bernegara
4.8.3        Menyaji hasil telaah tentang keberagaman suku berdasarkan prinsip saling menghormati dan menghargai dalam kehidupan berbangsa dan
4.8.4        Menyaji hasil telaah tentang keberagaman agama berdasarkan prinsip saling menghormati dan menghargai dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.
4.8.5        Menyaji hasil telaah tentang keberagaman ras berdasarkan prinsip saling menghormati dan menghargai dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.
4.8.6        Menyaji hasil telaah tentang keberagaman budaya berdasarkan prinsip saling menghormati dan menghargai dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.
4.8.7        Menyaji hasil telaah tentang keberagaman gender berdasarkan prinsip saling menghormati dan menghargai dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.
4.8.8        Menyaji hasil telaah tentang perbedaan keberagaman suku, agama, ras, budaya dan gender berdasarkan prinsip saling menghormati dan menghargai dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.
1.8   Menghargai perilaku bertaqwa kepada Tuhan YME dengan sikap saling menghormati dalam kehidupan berbangsa dan bernegara
1.8.1        Menunjukkan sikap ketaqwaan kepada Tuhan YME dengan cara menjalankan perintah dengan sikap saling menghormati keberagaman dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. 1.8.2        Menunjukkan sikap ketaqwaan kepada Tuhan YME dengan cara menjauhi larangan
1.8.3        Menampilkan prilaku beriman dan beretakwa kepada tuhan yang
2.8 Menghargai perilaku yang mencerminkan sikap saling menghormati dalam keberagaman suku, agama, ras, budaya dan gender dalam kehidupan berbangsa dan bernegara
2.8.1        Menampilkan prilaku kerja sama antar sesama dalam keberagaman suku, agama, ras, budaya dan gender dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara. 2.8.2        Menampilkan prilaku saling menghormati antar sesama dengan keberagaman suku, agama, ras, budaya dan gender dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.
2.8.3        Menampilkan prilaku gotong royong antar sesama dalam keberagaman suku, agama, ras, budaya dan gender dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.
C.  Tujuan Pembelajaran
1.  Tujuan pembelajaran pertemuan 1
  • 3.8.1 Melalui kegiatan mengamati dan menanya siswa diharapkan dapat menjelaskan pengertian keberagaman dengan benar.
  • 3.8.2 Melalui kegiatan mengumpulkan informasi siswa diharapkan dapat mendeskripsikan makna keberagaman dalam kehidupan berbangsa dan bernegara dengan benar.
  • 4.8.1 Melalui kegiatan mengkomunikasikan siswa diharapkan dapat menyaji hasil tentang pengertian keberagaman berdasarkan prinsip saling menghormati dan menghargai dalam kehidupan berbangsa dan bernegara dengan benar.
  • 4.8.2 Melalui kegiatan mengkomunikasikan siswa diharapkan dapat menyaji hasil telaah tentang makna keberagaman agama berdasarkan prinsip saling menghormati dan menghargai dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Dengan benar.
  • 1.8.1 Melalui kegiatan mengsosiasi siswa diharapkan dapat menunjukkan sikap ketaqwaan kepada Tuhan YME dengan cara menjalankan perintah dengan sikap saling menghormati keberagaman dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.
  • 2.8.1 Menampilkan prilaku kerja sama antar sesama dalam keberagaman suku, agama, ras, budaya dan gender dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.
2.  Tujuan pembelajaran pertemuan 2
  • 3.8.3 Melalui kegiatan menanya, mengamati dan mengumpulkan informasi siswa diharapkan dapat mengidentifkasi keberagaman suku berdasarkan prinsip saling menghormati dan menghargai dalam kehidupan berbangsa dan bernegara
  • 3.8.4 Melalui kegiatan menanya, mengamati dan mengumpulkan informasi siswa diharapkan dapat mengidentifkasi keberagaman agama berdasarkan prinsip saling menghormati dan menghargai dalam kehidupan berbangsa dan bernegara
  • 4.8.3 Melalui kegiatan mengkomunikasikan siswa diharapkan dapat menyaji hasil telaah tentang pengklasifikasian keberagaman suku berdasarkan prinsip saling menghormati dan menghargai dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.
  • 4.8.4 Melalui kegiatan mengkomunikasikan siswa diharapkan dapat menyaji hasil telaah tentang pengklasifikasian keberagaman agama berdasarkan prinsip saling menghormati dan menghargai dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.
  • 1.8.2 Menunjukkan sikap ketaqwaan kepada Tuhan YME dengan cara menjauhi larangan
  • 2.8.1 Menampilkan prilaku saling menghormati antar sesama dengan keberagaman suku, agama, ras, budaya dan gender dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.
3.  Tujuan pembelajaran pertemuan 3
  • 3.8.5 Melalui kegiatan mengamati dan menanya siswa diharapkan dapat mengidentifkasi keberagaman ras dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.
  • 3.8.6 Melalui kegiatan menanya, mengamati dan mengumpulkan informasi siswa diharapkan dapat mengidentifkasi keberagaman budaya dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.
  • 4.8.5 Melalui kegiatan mengkomunikasikan siswa diharapkan dapat menyaji hasil telaah tentang pengklasifikasian keberagaman ras berdasarkan prinsip saling menghormati dan menghargai dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.
  • 4.8.6 Melalui kegiatan mengkomunikasikan siswa diharapkan dapat menyaji hasil telaah tentang pengklasifikasian keberagaman budaya berdasarkan prinsip saling menghormati dan menghargai dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.
  • 1.8.3 Menampilkan prilaku beriman dan beretakwa kepada tuhan yang
  • 1.8.4 Menampilkan prilaku gotong royong antar sesama dalam keberagaman suku, agama, ras, budaya dan gender dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.
4. Tujuan pembelajaran pertemuan 4
  • 3.8.7 Melalui kegiatan menanya, mengamati dan mengumpulkan informasi siswa diharapkan dapat mengidentifkasi keberagaman gender berdasarkan prinsip saling menghormati dan menghargai dalam kehidupan berbansa dan bernegara.
  • 3.8.8 Melalui kegiatan menanya, mengamati dan mengumpulkan informasi siswa diharapkan dapat mengidentifkasi perbedaan suku, agama, ras, budaya dan gender berdasarkan prinsip saling menghormati dan menghargai dalam kehidupan berbangsa dan bernegara
  • 4.8.7 Melalui kegiatan mengkomunikasikan siswa diharapkan dapat menyaji hasil telaah tentang identifikasi perbedaan keberagaman gender berdasarkan prinsip saling menghormati dan menghargai dalam kehidupan berbangsa dan bernegara di tiap-tiap daerah.
  • 4.8.8 Melalui kegiatan mengkomunikasikan siswa diharapkan dapat menyaji hasil telaah tentang identifikasi perbedaan suku, agama, ras, budaya dan gender berdasarkan prinsip saling menghormati dan menghargai dalam kehidupan berbangsa dan bernegara

D.  Ringkasan Materi
Keberagaman dalam Kehidupan Berbangsa dan Bernegara.
  1. Pengertian keberagaman
  2. Makna keberagaman
  3. Keberagaman suku di Indonesia
Materi : terlampir di tugas U 3

E.  Metode Pembelajaran
  1. Pendekatan pembelajaran : Saintifik
  2. Strategi pembelajaran : Inquiry Learning
  3. Metode pembelajaran : STAD

F. Media, Alat, dan Sumber Pembelajaran
a. Media
  • Gambar keberagaman Negara Indonesia
  • Gambar suasana gotong royong masyarakat Indonesia
  • Video fragmen tentang keberagaman nusantara.
  • LKS (lampiran 1 bagian dari U3)
  • Materi (Power Point) – lampiran 2 bagian dari U3
b.  Alat
  • LCD
  • Laptop
  • Spidol
c.   Sumber bahan
  • Buku Siswa Pancasila dan Kewarganegaraan Kelas VIII.
  • Buku Guru Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Kelas VIII.
  • Internet
  • Referensi lain yang relevan.

G. Langkah-langkah Pembelajaran
a. Kegiatan pendahuluan (15 Menit)
Kegiatan Orientasi
  1. Guru mempersiapkan secara fisik dan psikis peserta didik sebelum memulai pembelajaran
  2. Guru meminta peserta didik untuk memimpin do’a sesuai dengan keyakinan dan kepercayaan masing-masing peserta didik.
  3. Guru mengecek kehadiran peserta didik, kebersihan dan kerapian kelas, kesiapan buku tulis dan sumber belajar.
  4. Guru menjelaskan topik pembelajaran tentang keberagaman nusantara.
  5. Guru menjelaskan tujuan pembelajaran tentang keberagaman dalam kehidupan berbangsa dan bernegara
  6. Guru menjelaskan hasil belajar yang diharapkan dapat dicapai oleh peserta didik.
Kegiatan Inti (90 menit)
a.   Melakukan observasi
  • Guru membagi siswa menjadi beberapa kelompok dengan jumlah anggota yang seimbang dengan pola heterogen.
  • Guru meminta siswa mengamati dengan seksama dan teliti gambar yang disediakan terkait proses belajar mengajar. Kemudian Guru dapat menambahkan penjelasan tentang gambar tersebut dengan berbagai fakta terbaru yang berhubungan dengan perwujudan hak asasi manusia di lingkungan siswa.
b.   Merumuskan Masalah
  • Guru membentuk kelas menjadi beberapa kelompok yang terdiri dari 3 sampai 4 orang anggota
  • Guru memberikan tugas kepada setiap kelompok untuk membaca buku tentang keberagaman nusantara.
  • Guru meminta setiap individu dalam kelompok untuk saling bertukar pikiran atau curah pendapat tentang materi keberagaman dalam kehidupan berbangsa dan bernegara dengan menampilkan sikap saling menghargai satu sama lain.
  • Guru meminta setiap kelompok untuk merumuskan masalah tentang arti pentingnya keberagaman dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.
c.   Mengajukan hipotesis
  • Guru mengajukkan berbagai pertanyaan yang dapat mendorong peserta didik untuk dapat merumuskan jawaban sementara atau dapat merumuskan berbagai perkiraan kemungkinan jawaban dari suatu permasalahan yang dikaji
d.   Mengumpulkan data-data
  • Guru meminta setiap kelompok untuk mengumpulkan data-data atau informasi untuk mengkaji lebih lanjut dari materi tentang keberagaman dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.
  • Guru membimbing siswa dalam mengumpulkan data-data atau informasi untuk mengkaji lebih lanjut dari materi tentang keberagaman dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.
e.   Menguji hipotesis
  • Guru membimbing setiap kelompok untuk menguji hipotesis untuk menentukkan jawaban yang dianggap diterima sesuai dengan data atau informasi yang diperoleh berdasarkan pengumpulan data
Kegiatan penutup (15 menit)
  • Guru membimbing peserta didik untuk menyimpulkan materi pembelajaran tentang keberagaman dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.
  • Peserta didik dapat ditanya apakah sudah memahami materi pelajaran tentang keberagaman dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.
  • Guru melakukan refleksi pembelajaran melalui berbagai cara seperti tanya jawab tentang apa yang sudah dipelajari, apa manfaat pembelajaran.
  • Guru melakukan memberikan umpan balik atas proses pembelajaran
  • Guru menjelaskan kegiatan minggu berikutnya dan memberikan tugas untuk mengumpulkan berita yang berkaitan dengan keberagaman dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.
  • Guru mengakhiri pembelajaran dengan mengucapkan rasa syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa bahwa pertemuan kali ini telah berlangsung dengan baik dan lancar

H . Penilaian
  1. Teknik Penilaian (Test & Non-test)
  2. Instrumen Penilaian (terlampir di U3)
  3. Rubrik Penilaian (terlampir di U3)
  4. Lembar Kerja Siswa (terlampir di U3)